Dompet Dhuafa 25 Tahun Membentang Kebaikan di Bulan Ramadhan

"Ramadhan tiba, Ramdhan tiba
Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ramadhan
Ramadhan tiba semua bahagia
Tua dan muda bersuka cita
Bulan ampunan bulan yang berkah 
Bulan terbebas api neraka ...."

Assalamu'alaikum ... apa kabar? Alhamdulillah ya, sebentar lagi kita masih diberikan kesehatan untuk merasakan keindahan dan kebahagiaan bulan suci Ramadhan. 

Dalam hitungan hari, semua umat muslim di seluruh penjuru dunia bersiap-siap menyambut bulan suci penuh berkah. Hayoo, kamu sudah menyiapkan apa untuk Ramadhan tahun ini? Tentunya ada banyak target dong ya, yang diinginkan di bulan suci ini?   

Tak ketinggalan, salah satu Lembaga Filantropi yaitu Dompet Dhuafa turut menyiapkan diri dalam menyambut Ramadhan. Program-program terbaik telah dipersiapkan untuk berbagi kebaikan bagi para donatur. 
25 tahun membentang kebaikan
Blogger and media Gathering dompet dhuafa 25 tahun membentang kebaikan
Semangat tersebut hadir melalui gerakan 25 Tahun Membentang Kebaikan bersama masyarakat. Gerakan yang tumbuh dari tahun ke tahun bersama donatur, dalam membangun kesejahteraan masyarakat miskin dan dhuafa di seluruh Indonesia maupun belahan dunia. 

Tak terasa Dompet Dhuafa telah mengarungi perjalanan selama 25 tahun dengan begitu banyak ujian yang harus dihadapi. Dompet Dhuafa terus membutuhkan kekompakan semangat dan berkolaborasi bersama donatur untuk mengisi usia produktif lembaga. 

Dalam rangka 25 tahun Dompet Dhuafa mengusung tiga konsep yaitu memberikan beragam Pengalaman, menyajikan rasa Kepedulian, serta menyalakan semangat Kolaborasi. 
25 tahun membentang kebaikan

Dalam kesempatan Blogger  and Media Gathering (8/5) bertempat di Graha Bima Sakti, Pasar Minggu, Bambang Suherman, selaku Direktur Mobilisasi ZIS menuturkan "Menginjak usia ke 25 tahun, pada Ramadhan kali ini, Dompet Dhuafa ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat di segala dinamika, situasi dan pekerjaan lembaga yang telah bergulir untuk masyarakat luas. Bertepatan dengan bertambahnya usia, Dompet Dhuafa mengusung tema 25 Tahun Membentang Kebaikan, mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari-hari Dompet Dhuafa. Adanya perubahan seiring intervensi bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, banyak perluasan aktivitas dan isu-isu baru tentang kemiskinan maupun kemanusiaan. Hal tersebut juga kami jadikan sebagai bukti semakin matangnya aspek manajemen kelembagaan.  

Dalam kesempatan yang sama penyanyi Ihsan Tarore turut memberikan testimoni yang positif mengenai Dompet Dhuafa. Ia begitu mendukung program-program Dompet Dhuafa. Menurutnya Dompet Dhuafa tidak sekedar menggalang dana dan meenyalurkan bantuan begitu saja, melainkan ikut dalam pengembangan potensi masyarakat. 

Sebagai contoh, satu dari begitu banyak produk pemberdayaan Dompet Dhuafa yakni kopi robusta kemloko, seperti pada gambar di bawah ini.  Kopi ini merupakan produk pemberdayaan yang berasal dari petani kopi di daerah Kemloko, Temanggung, Jawa Tengah. 
25 tahun membentang kebaikan
Produk pemberdayaan, kopi kemloko
Tidak hanya aktif di Indonesia, Dompet Dhuafa semakin mengukuhkan posisinya sebagai lembaga kemanusiaan di dunia, dengan melakukan respon-respon kemanusiaan. Seperti dinamika kemanusiaan di Rohingya, Suriah, Palestina dan Somalia. 

Ramadhan adalah momentum masyarakat Islam di seluruh dunia untuk menggulirkan kebaikan melalui Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) dengan berbagai program Ramadhan 1439 H du antaranya Sahabat Berbagi Harapan, Parsel Ramadhan, Dai Ambassador, serta terdapat layanan donatur sebanyak 70 konter di pusat perbelanjaan dan perkantoran yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek. Hal ini untuk mendekatkan dan mempermudah para muzzaki dalam melakukan Ziswaf. 

Selain konter Dompet Dhuafa juga menjemput zakat dengan donasi online, e-commerce serta memiliki kanal lainnya yaitu bewaberkah.org. 
25 tahun membentang kebaikan
bawaberkah.org memudahkan kita Ziswaf
Bawaberkah.org adalah website yang memudahkan lembaga sosial, komunitas maupun personal terverifikasi untuk menggalang dana Ziswaf secara online dengan transparan serta terpercaya. 

Hal ini berarti sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan Ziswaf. Karena dengan bawaberkah.org hanya dengan kekuatan jari jemari, pahala akan dengan mudah menghampiri. 

SEKILAS TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana Ziswaf serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga. 

Selama 25 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontrisbusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan kebencanaan serta CSR. 

Saat ini Dompet Dhuafa telah memiliki 70 konter Ziswaf di pusat perbelanjaan dan perkantoran yang tersebar di Jabodetabek. Dompet Dhuafa memiliki cabang di luar negeri seperti di Amerika Serikat, Hibgkong, Jepang, Australia, dan Korea Selatan. 

Untuk di dalam negeri, Dompet Dhuafa telah ada di 13 kota di Indonesia yaitu Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Jambi, Serang, Bandung, Jogja, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Makassar, dan Bandar Lampung. Selain itu juga mempunyai kantor perwakilan yakni Kentaro Nagasawa di Jepang, DSNI Amanah di Batam, Lampung Peduli di Lampung, Dompet Sosial Madani di Bali, Dompet Amal Sejahtera Ibnu Abbas di NTB, Dompet Ummat di Kalimantan Barat, dan Insan Madanu Jambi di Jambi. 

Hingga tahun 2014, Dompet Dhuafa telah melakukan lebih dari 250 aksi kebaikan di seluruh dunia. Sehingga tidak heran mendapatkan Penghargaan di "Ramon Magsaysay Award" tahun 2016. 

Untuk program-program selanjutnya Dompet Dhuafa akan lebih memperbanyak workshop, perencanaan proyek sosial, memperluas mitra dan lajn sebagainya. Semua itu bertujuan untuk memudahkan penggalangan dana dan supaya penggalangan dana tak sekedar niat saja. 

"Indonesia tidak akan pernah kekurangan orang baik, hanya saja permasalahannya adalah kurang banyaknya perncanaan proyek sosial, tutup Urip Budiarto selaku GM Resouces Mobilitation Dompet Dhuafa dan Ketua Ramadhan Dompet Dhuafa 1439 H.
25 tahun membentang kebaikan
Blogger and media gthering Dompet Dhuafa


Share:

1 komentar

  1. 70 counter di mall mengigatkan kita tidak untuk belanja aja tapi bayar kewajiban seperti zakat dan sering berbagi lewat infaq, sedekah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.