Soal Ulangan Harian Tema 6 Kelas 5

Soal Tema 6 Kelas 5 - Ehaay... teman Feriyana, gimana nih kabarnya hari ini? Semoga sehat yaa.. Untuk kesempatan ini Feriyana akan membahas mengenai soal ulangan harian atau penilaian harian tema 6 kelas 5 di semester 2 ini. Nah, dengan soal-soal ini semoga bisa membantu kamu-kamu yang sedang mempersiapkan ulangan harian atau dalam mengerjakan tugas tema 6. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, yuk mari simak berikut ini!

PKN

1.   Salah satu dampak jika tanggung jawab diabaikan adalah ....
a. memperkuat tali persaudaraan dan kekeluargaan.
b. terciptanya rasa aman, sejahtera, dan damai.
c. menimbulkan konflik dan pertikaian.
d. memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

2.   Hak-hak anak dilindungi dalam Konvensi Hak-hak Anak yang disahkan oleh PBB pada tanggal 20 November 1989. Salah satunya adalah hak tumbuh kembang. Berikut yang termasuk dalam hak tersebut adalah ....
a. hak menyatakan pendapat
b. hak mendapatkan pendidikan
c. hal melaksanakan ibadah keagamaan
d. hak melestarikan dan mempertahankan hidup

3.   Seorang siswa akan mendapat haknya setelah melaksanakan kewajiban. Salah satu hak siswa di sekolah adalah....
a. mendapatkan pendidikan dan pengajaran
b. datang terlambat ke sekolah
c. menjaga kebersihan sekolah
d. patuh terhadap guru

4.   Contoh tanggung jawab pada diri sendiri adalah ....
a. menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama
b. senang ketika mendapatkan hadiah
c. membuang sampah pada tempatnya
d. menjaga kebersihan badan

5.   Berikut ini yang bukan contoh hak warga negara Indonesia adalah ....
a. Mendapatkan perlindungan hukum.
b. Berhak atas penghidupan yang layak.
c. Memiliki kedudukan sama dalam hukum.
d Taat membayar pajak.

6.     Manusia adalah makhluk .......................... Oleh karena itu, tidak akan terlepas dari hidup orang lain.

7.     Apa saja yang menjadi kewajiban siswa di sekolah?
Jawab : ................................................................................................................................................................

IPA

1.   Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut ....
a. konduksi
b. kolarasi
c. isolator
d. konduktor

2.   Warna pakaian yang paling mudah menyerap panas matahari adalah ....
a. abu-abu
b. putih
c. kuning
d. hitam

3.   Contoh kegiatan manusia yang menyesuaikan diri dengan alam adalah ....
a. manusia dapat mengolah tanah dengan traktor
b. nelayan menggunakan jaring untuk mencari ikan
c. petani menanam padi dengan melihat curah hujan
d. manusia memanen buah di dalam hutan

4.   Sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah ....
a. api
b. magma
c. minyak bumi
d matahari

5.   Pada saat kita berjemur di bawah sinar matahari, maka lama-kelamaan kulit akan terasa hangat. Hal ini merupakan contoh perpindahan panas secara ....
a. konduksi
b. konveksi
c. radiasi
d. isolasi

6.   Alat untuk mengukur suhu adalah ........................................................................................................................................................................

7.   Sebutkan 3 pemanfaatan energi matahari!
Jawab : ..............................................................................................................................................................................

IPS

1.   Contoh kegiatan manusia yang menyesuaikan diri dengan alam adalah ....
a. manusia dapat mengolah tanah dengan traktor
b. nelayan menggunakan jaring untuk mencari ikan
c. petani menanam padi dengan melihat curah hujan
d. manusia memanen buah di dalam hutan

2.     Desa adat osing berada di … .
a. Jember
b. Banyuwangi
c. Banjarnegara
d. Bali

3.     Berikut ini yang bukan merupakan contoh negatif interaksi manusia dengan alam yaitu …

a.   Perburuan liar hewan langka

b.   Nelayan menggunakan bom ikan untuk mencari ikan

c.   Membuang sampah di tong sampah

d.   Menebang pohon secara liar

4.     Perhatikan permasalahan-permasalahan berikut!
(1) Pencemaran lingkungan.
(2) Pelanggaran lalu lintas
(3) Peningkatan angka pengangguran.
(4) Penyaluran bantuan bagi korban banjir.
Di bawah ini yang bukan merupakan masalah sosial adalah ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

5.     Lingkungan alam dapat terus dimanfaatkan oleh manusia jika ....
a. manusia membunuh semua hewan pengganggu
b. manusia menjaga kelestarian alam dengan baik
c. manusia menanam pohon di sepanjang sungai
d. menggunakan tenaga mesin yang modern

6.     Manusia disebut sebagai makhluk …………………………...karena tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain.

7.     Sebutkan 3 kegiatan manusia yang dapat berdampak negatif terhadap lingkungan alam!
Jawab : ....................................................................................................................................................

BAHASA INDONESIA

Bacalah paragraf berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1 dan 2 !
Potensi energi panas bumi cukup melimpah di Jawa Barat dibandingkan dengan wilayah lain. Setidaknya, terdapat tujuh pembangkit listrik panas bumi di Jawa Barat. Pembangkit listrik tersebut terletak di Kamojang, Salak, Darajat, Wayang Windu, Patuha, Karaha, dan Cibuni.


1. Kata kunci untuk paragraf tersebut adalah ....
    a. Kamojang, Salah, Wayang Windu
    b. sumber energi, Jawa Barat, listrik
    c. tujuh pembangkit, listrik, melimpah
    d. potensi energi, panas bumi, Jawa Barat

2. Ringkasan paragraf tersebut adalah ....
    a. Jawa Barat memiliki tujuh pembangkit listrik tenaga panas bumi.
    b. Potensi panas bumi di Jawa Barat menjadi yang terbesar di Indonesia.

  c. Jawa Barat memiliki potensi sumber energi panas bumi cukup melimpah.
  d. Tujuh pembangkit listrik energi panas bumi, yaitu Kamojang, Salah, Darajat, Wayang Windu, Patuha, Karaha, dan Cibuni.

3. Struktur teks eksplanasi adalah ....
    a. Pembukaan, isi, penutup
    b. Langkah 1, tujuan, langkah 2, dan simpulan
    c. Pernyataan umum, pernyataan penjelasan, dan penutup
    d. Pengantar, isi, penutup, dan penjelasan

4. Pernyataan yang tidak termasuk ciri-ciri teks eksplanasi adalah ....
    a. Pernyataan umum berisi gambaran awal secara umum.
    b. Deretan penjelas berisi inti penjelasan yang akan disampaikan
    c. Interpretasi berisi pandangan dan simpulan penulis
    d. Memuat informasi tanpa berdasarkan fakta.

5. Bagian akhir/penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai ....
    a. reorientasi
    b. konklusi
    c. interpretasi
    d. Koda

6. Informasi-informasi yang termuat di dalam teks eksplanasi berdasarkan ..............................................................

7. Bagaimana struktur teks eksplanasi?
Jawab : .........................................................................................................

SBDP

1.   Tari Saman merupakan tari yang berasal dari Aceh. Tari ini menggunakan pola lantai ....
a. garis lurus
b. garis lengkung
c. zig zag
d. lingkaran

2.   Perhatikan media-media berikut!
(1) pensil warna
(2) cat air
(3) krayon
(4) cat minyak
Beberapa contoh media kering antara lain ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (4)
b. (2) dan (3)

3.   Tangga nada pentatonis hanya terdiri dari .... nada pokok.
a. tiga
b. empat
c. lima
d. enam

4.   Tangga nada pentatonis terbagi atas dua tangga nada. Dua tangga nada tersebut, yaitu ....
pelog dan.....
a. pokok
b. tambahan
c. diatonis
d. slendro

5.   Cublak-cublak Suweng merupakan lagu daerah yang berasal dari ....
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Jawa Timur
d. Kalimantan

6.   Tangga nada diatonis dibagi menjadi dua, yaitu ..........................................................................................................

7.   Sebutkan macam-macam pola lantai!

Jawab: ……………………………………………………………………………………..


Share:

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.