"Value Your Life" Onggy Hianata

Kehidupan adalah sebuah misteri. Tidak ada satupun yang mampu menebak kemana arah roda kehidupan ini akan berputar. Begitu pula dengan Onggy Hianata. Siapa sangka sosok lelaki yang terlahir dalam keluarga yang kurang mampu ini, mampu mengubah hidupnya menjadi motivator berkelas internasional. 

Pasti masih banyak yang belum mengenal Onggy Hianata. Hal ini wajar, karena beliau sosok yang humble dan tidak pernah mau bila disebut dengan seorang motivator. "Saya bukan motivator. Saya tidak bisa memotivasi. Saya hanya sharing pengalaman saja", tutur Onggy Hianata dalam acara Blogger Gathering with Onggy Hianata. 
Host Blogger Gathering With Onggy Hianata yang juga alumni pertama dari Value your Life-A Life Changing Bootcamp
Bertempat di Kafe Ev Hive, 14 Maret 2018 Blogger Gathering with Onggy Hianata diadakan dengan keakraban dan mampu memberikan banyak pelajaran yang berharga bagi para blogger yang hadir saat itu. Bukan hanya memperkenalkan sosok yang luar biasa yaitu Onggy Hianata saja. Melainkan juga terdapat pengakuan dari beberapa orang yang mampu  mengubah hidupnya berkat Onggy Hianata.

Onggy Hianata lahir 6 Maret 1962 di Tarakan, Kalimantan Timur (sekarang Kalimantan Utara), mampu mengubah hidup banyak orang melalui organisasi yang ia buat yaitu Edunet Global dengan program andalannya Value Your Life-A Life Changing Bootcamp. Melalui A Life Changing Bootcamp ini, banyak peserta bootcamp yang sembuh dari kecanduan rokok, keluarga yang terancam perceraian terselamatkan hingga ada seorang pemuda yang tidak jadi bunuh diri karena selalu mengingat nilai-nilai yang ia dapatkan dari bootcamp dari seorang Onggy Hianata

Jujur, sebenarnya saya belum pernah mengenal sosok Onggy Hianata. Dan sejak pengakuan orang pertama di acara Blogger Gathering With Onggy Hianata, sudah mampu membuat saya sangat penasaran dengan beliau. Siapa sih Onggy Hianata? Kemampuan apa yang ia miliki, hingga mampu mengubah banyak orang? Ternyata perkenalan beberapa jam saja tidak cukup untuk mengenal lebih dalam mengenai sosoknya. Bagi kamu yang sama penasarannya dengan saya, simak profil singkat Onggy Hianata berikut ini.  

Onggy Hianata adalah anak ke delapan dari sembilan bersaudara dari seorang ayah yang bernama Ong Tjoi Moi yang bekerja sebagai pegawai toko kelontong. Mereka tinggal di rumah sederhana di kawasan Kampung Bugis, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat.

Kehidupan keluarga Onggy Hianata jauh dari berkecukupan. Ia kerap membantu orangtuanya untuk bisa memenuhi kebetuhan sehari-hari. Keluar masuk hutan mencari kayu bakar sudah hal yang biasa bagi Onggy. "Saya ke hutan tanpa memakai alas kaki. Telapak kaki berdarah karena menginjak duri setelah dari hutan sudah biasa buat saya. Bagi yang belum pernah merasakan miskin, lebih baik jangan pernah merasakan deh. Karena sangat menyakitkan," seloroh Onggy dalam acara Blogger Gathering with Onggy Hianata. 
www.feriyana.com
Para narasumber Blogger Gathering With Onggy Hianata
Selain mencari kayu bakar di hutan, berkebun, beternak hingga berdagang di pasar pernah dilakoni oleh Onggy. Bahkan karena saking miskinnya Onggy masuk sekolah langsung kelas 3 SD bukan karena akselerasi. Ia masuk SD Kampung Bugis dan dilanjutkan masuk SMP Tunas Kasih sampai tamat. Kemudian Onggy juga mendapatkan ijazah SMA dari Yayasan yang sama.

Kehidupan serba kekurangan dan ketidakpastian dari masa kecil hingga beranjak dewasa tidak membuat beliau putus asa dan pasrah dengan nasibnya, justru sebaliknya membuat dia bertekad kuat untuk menapaki tangga kesuksesan. Tamat SMA dia merantau ke Surabaya untuk melanjutkan kuliah. Sambil kuliah, Onggy membanting tulang dengan berbagai cara seperti membuat kerupuk ubi, berjualan jagung bakar di depan kampus, hingga ikut bisnis MLM ia lakukan untuk bisa bertahan hidup di Surabaya. Akhirnya, dia sukses meraih gelar sarjana strata 1 di Universitas Satya Widya Surabaya pada 1989.

Ternyata gelar sarjana bukan jaminan kesuksesan, Onggy muda tetap saja mengalami kegagalan berkali-kali saat membuka usaha. Usahanya merugi, dan bahkan sempat tertipu berkali-kali.

Onggy mencoba merubah nasib dengan merantau ke Jakarta dengan kondisi bukan lagi kekurangan bahkan dalam keadaan "minus" karena harus meminjam uang ke saudaranya. Hoki pun mulai datang menghampiri saat dia ditawari berjualan koin emas. Bisnis pemasaran jaringan rupanya memberinya tantangan baru dan ternyata meraih sukses. Dia memiliki jaringan 60.000 orang tersebar di 36 negara. Berkat kemauan dan keyakinan yang kuat serta kerja keras pantang menyerah, kondisi kehidupannya kini bisa dibilang berbalik 180 derajat. Pencapaian beliau bukan hanya kebebasan waktu dan finansial, tetapi banyak nilai kehidupan.  

Keberhasilan Onggy Hianata lepas dari kemiskinan membuatnya sering diundang berceramah hingga ke negara tetangga. Kini ia telah menjadi contoh dan inspirasi bagi banyak orang yang merasa gagal dan tak berarti. Sebagai wujud terimakasih atas kesuksesan yang telah diraihnya, Onggy Hianata merasa terpanggil untuk menularkan kesuksesan tersebut ke banyak orang di luar sana yang membutuhkan dengan mendirikan Edunet Global. 

Edunet Global merupakan wadah bagi Onggy Hianata untuk menyentuh lebih banyak kehidupan orang lain dan dengan pembinaan mental Value Your Life-A Life Changing Bootcamp, ia gali dan bangkitkan kembali potensi terbaik dari setiap orang yang mengikuti bootcamp. Pada tahun 2003, pembinaan mental Value Your Life-A Life Changing Bootcamp baru dimulai di beberapa kota di Indonesia saja. Berkat testimoni positif dari peserta bootcamp yang disebarkan dari mulut ke mulut, kini peserta bootcamp telah dihadiri lebih dari 75 negara di dunia.

Berikut beberapa prestasi dan penghargaan yang pernah Onggy Hianata terima dari dunia internasional:
  • Organisasinya telah meraih 5 Guiness World Record.
  • Menjadi pembicara dalam beberapa forum dan pembinaan kelas dunia di penjuru Asia dan Afrika.
  • Menyandang gelar warga kehormatan dari pemerintah Kamerun.
  • Menjadi cover story majalah terkemuka internasional yang berbasis di Amerika Serikat, yang juga pernah memuat profil utama dari Richard Branson (CEO Virgin Atlantic), Rich Devos dan puluhan tokoh sukses dunia lainnya.
  • Menjadi salah satu pembicara tamu dalam program John C. Maxwell di Amerika Serikat.   
Dengan Value Your Life-A Life Changing Bootcamp, Onggy menuturkan, orang diajak untuk berubah dan kembali peduli terhadap sesama. Dengan metode simulasi selama tiga hari, peserta digiring untuk membongkar berbagai kepentingan yang selama ini menjadi beban hidupnya. “Mengubah cara pandang terhadap hidup menjadi individu yang tangguh,” tuturnya. Dengan membayar sekitar 5,5 juta rupiah peserta bootcamp akan mendapatkan oleh-oleh yang lebih dari harga tersebut. Bahkan bisa dikatakan, sepulang dari bootcamp akan membawa oleh-oleh masa depan yang lebih indah.
Pak Sudarmono dan bu arry sedang menceritakan kisah mereka
Hal ini terbukti dari begitu banyaknya testimoni positif dari alumni peserta bootcamp. seperti yang diutarakan para narasumber  yang hadir dalam acara Blogger Gathering with Onggy Hianata. Mereka menceritakan awal mula permasalahan yang dihadapi sebelum mengikuti bootcamp hingga perubahan masa depan setelah mengikuti bootcamp. Dan yang luar biasa bagi saya adalah ternyata pengaruh dari bootcamp masih terasa hingga 10 tahun dan bahkan lebih.

Dimulai dari pengakuan dari Dra. Ary Hellya Kurniati, Apt dan Ir. Sudarmono Djoko Nugroho yang kebetulan suami istri. Keduanya pernah mengikuti bootcamp, dan menurut mereka masa depan rumah tangga mereka terselamatkan karena bootcamp tersebut. sikap arogan sang istri dan gengsi seorang suami segera tersadar dan berangsur hilang dengan mengikuti bootcamp. Bahkan anak mereka yang ternyata kecanduan game dan porno pun terselamatkan.
Onggy Hianata
Bu Erry sedang menceritakan kisah hidupnya di acara Blogger Gathering With Onggy Hianata
 Narasumber berikutnya adalah Dr. Erry Gautama dan Dr. dr. Anggraini Dwi S., Sp.Rad. (K) yang juga suami istri. Rumah tangga mereka juga terselamatkan berkat mengikuti bootcamp. Pada saat mengikuti bootcamp, mereka seakan merasa ditelanjangi. bootcamp memberitahukan bahwa ternyata selama ini mereka telah melakukan kesalahan yang mereka tidakpernah sadari sebelumnya. 
 
Narasumber yang mewakili generasi muda, hadir Yulianto SE yang karena mengalami kebangkrutan dalam usahanya sempat ingin melakukan bunuh diri. Berkat mengikuti bootcamp ia diingatkan mengenai inti kehidupan dan bagaimana cara menghadapinya, bersyukur ia tidak jadi bunuh diri. Dan sekarang telah menjadi orang sukses dan bahagia bersama keluarganya.    
Yulianto, SE sedang menceritakan kisah hidupnya yang berubah berkat mengikuti "Value Your Life-A Life Changing Bootcamp"
“Gagal adalah sebuah hal biasa. Namun, dari setiap kegagalan, minimal ada pelajaran berharga yang dapat dipetik, yaitu petunjuk menuju sebuah keberhasilan. Kalau saya bisa, mengapa Anda tak bersedia mengubah mindset dan ikut serta meraih sukses?"

Onggy membuktikan dirinya tetap bisa meraih sukses setelah dihantam badai kegagalan berkali-kali. “Anda juga bisa memulai dengan tidak mempunyai apa-apa, bahkan dari keadaan minus,” tutur Onggy Hianata mengakhiri acara. 

Tidak ada habisnya bila membicarakan sosok Onggy Hianata. Butuh waktu lama atau mungkin ratusan lembar tulisan untuk menceritakan kisah hidupnya. Kisahnya begitu menginspirasi banyak orang, jadi tidak heran sutradara film kenamaan Indonesia Fajar Nugros tertarik untuk mengabadikan kisah Onggy Hianata dalam sebuah film. Film berjudul Terbang, Menembus Langit karya Fajar Nugros ini dibintangi oleh Dion Wiyono dan Laura Basuki. Penasaran? Jangan lupa nonton film Terbang, Menembus Langit di bioskop kesayangan kamu yaa ... Pasti akan semakin kagum dengan Onggy Hianata      

Share:

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.