Persiapan Keuangan Yang Harus Dilakukan Pengantin Baru


"Bosen deh, setiap kondangan selalu ditanya kapan nyusul,"sebuah kalimat mengawali curhatan sahabat di suatu siang. Karena tau dia sudah punya calon untuk dijadikan pendamping hidup, dengan candaan ku jawab, "ya udah nyusul aja cuy. Siapa tau di sono (baca sana) ada banyak makanan enak. Nyusul ke rumah barunya kan? Hahaa..."

"Seriusan ini,"mukanya semakin ditekuk merasa tidak nyaman keresahannya dijadikan candaan. "Ya iya, w juga seriusan ini. Lw nyusul aja, nikah. Calonkan lw juga udah ada. Nunggu apa lagi? Takut masalah keuangan?"mulai deh insting emak-emak jalan. Kata-kata mutiara mulai keluar. Petuah demi petuah pun dengan lancarnya mengalir dari mulut ini. 

Ketakutan tentang masalah keuangan awal pernikahan bukanlah alasan untuk menunda menikah, apalagi sampai nggak mau menikah. Nggak perlulah itu. Karena masalah keuangan di awal pernikahan alias pengantin baru bisa diantisipasi dengan membuat perencanaan keuangan.

Berikut adalah beberapa perencanaan keuangan yang harus dilakukan pengantin baru:

·       Saling Terbuka
Masalah keuangan selalu menjadi hal yang sensitif dalam hubungan pernikahan. Bisa menjadi bumerang di kemudian hari, bila kita salah bertindak. Saling terbuka mengenai kondisi keuangan, aset yang dimiliki, besarnya pendapatan dan pengeluaran bahkan hutang bila ada dari masing-masing pasangan, harus dilakukan oleh pengantin baru. Apapun kondisi keuangan yang dialami harus selalu didiskusikan. Karena keterbukaan merupakan awal dari kepercayaan yang sangatlah penting dalam sebuah hubungan pernikahan. Sama seperti kalau kita mau naik angkutan umum, kalau kita tidak percaya dengan supirnya atau bahkan ragu dengan arah tujuan dari angkutan umum tersebut malah akan membuat kita tersesat. Agar tidak tersesat yaa harus nanya alias diskusi dengan supirnya. Tujuannya sama nggak dengan kita?

·       Membuat Anggaran Bersama
Setelah saling terbuka mengenai kondisi keuangan masing-masing pasangan, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat anggaran bersama. Yang harus diperhatikan dalam membuat anggaran bersama ialah besarnya pemasukan dan apa saja pengeluaran harus lebih diperinci. Misalnya seperti anggaran untuk belanja bulanan, biaya listrik, air, telp, dana perlindungan keluarga, biaya refreshing hingga dana darurat. Lebih terperinci akan lebih bagus. Karena nantinya kita akan jadi lebih tahu bilamana ada kekurangan dana, jadi bisa diantisipasi sejak jauh-jauh hari.

·       Membuat Aturan Bersama
Setelah anggaran bersama selesai dibuat dan disetujui dari masing-masing pasangan, selanjutnya membuat aturan bersama. Sebagai contoh menentukan siapa yang nantinya akan mengurusi pembayaran. Menentukan siapa yang akan memegang uang kas keluarga yang berasal dari pemasukan alias gaji. Sistemnya harus jelas, agar nanti bila terjadi kesalahan tidak akan saling menyalahkan. Selain itu juga perlu dibuat aturan bersama sampai batasan apa pengeluaran boleh dilakukan di luar anggaran yang telah dibuat. 


Persiapan keuangan pengantin baru
Picture source google

  • Menyiapkan Dana Perlindungan Keluarga

Sejak awal pernikahan penting sekali para pengantin baru membicarakan mengenai dana perlindungan keluarga. Dana perlindungan keluarga yang dimaksud di sini adalah dana yang sengaja disiapkan khusus untuk perlindungan keluarga. Salah satunya berbentuk asuransi. Ada begitu banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk jasa perlindungan. Saking banyaknya, saya pernah mengalami kebingungan dalam memilih perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan saya. Akhirnya saya mencari informasi, ada nggak sih semacam supermarket tapi produk yang dijual adalah perusahaan-perusahaan asuransi. 

Bak gayung bersambut, ternyata ada lho yang seperti saya inginkan. Namanya futuready.com. Supermarket asuransi online sebagai tempat untuk mencari, membandingkan dan membeli asuransi yang paling lengkap. Jadi nggak perlu repot lagi cari info satu persatu mengenai perusahaan asuransi hingga menemukan yang sesuai kebutuhan kita. Keamanannya pun terjamin lho ya, karena futuready ini merupakan broker asuransi online pertama yang memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan no KEP-518/NB.1/2015 tanggal 18 Juni 2015. 

Futuready merupakan bagian dari AEGON, salah satu perusahaan terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda. Ingat ya, Futuready tidak membuat produk sendiri tetapi bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asuransi untuk dijual di situs futuready.com. Futuready memilih produk-produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka dan menawarkan pada masyarakat dengan info yang ringkas, jujur dan tidak memihak. Perusahaan-perusahaan asuransi yang terpilih tersebut yaitu AXA, ADIRA Insurance, MNC Insurance,Simasnet, MSIG, AVRIST, Mega Insurance, Lippo Insurance, AXA Mandiri, ACA, Jagadiri, Tokio Marine Insurance Groupe, Malacca Trust Insurance, dan Asuransi ABDA. Sedangkan produk-produk yang dijual futuready dari perusahan asuransi terpilih tersebut adalah asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil. 

Belanja asuransi di futuready, kita akan mendapatkan 4 (empat) manfaat yaitu:
1.    Mudah: mudah dimengerti penjelasannya, perbandingannya dan yang terpenting mudah untuk klaimnya.
2.    Praktis: prosesnya instan, bisa dimanapun dan kapanpun karena kendalu ada di tangan kita.
3.    Sesuai: tersedia berbagai pilihan produk asuransi, jadi bisa bebas pilih asuransi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan.
4.    Aman: aman dan terpercaya karena terdaftar dan diawasi OJK.

Selain 4 (empat) manfaat di atas, masih ada 5 (lima) keunggulan Futuready yang    membuatnya beda dibanding dengan yang pesaingnya, yaitu: 
1.    Transaksi langsung secara online
2.    Berbagai metode pembayaran, bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank, bayar langsung atau melalui minimarket.
3.    Polis langsung aktif, setelah disetujui polis elektronik dikirim via email dan langsung aktif.
4.    Klaim mudah dibantu customer service profesional melalui telepon atau online tanpa survey. Untuk asuransi mobil persetujuan asuransi tanpa menunggu survey. Cukup kirim foto secara online. Kalau berdasarkan pengalaman saya, yang paling ribet dan harus hati-hati dalam mengambil produk asuransi mobil adalah simulasi asuransi mobil. Di futuready penjelasannya dan penghitungannya lebih mudah dipahami.

Setelah memikirkan, menimbang dan tau lebih banyak secara detailnya mengenai futuready, akhirnya saya memutuskan untuk membelanjakan dana perlindungan keluarga di futuready aja.

·       Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
Dana pendidikan anak harus sejak awal pernikahan dibuat. Hal ini mengingat biaya pendidikan yang semakin hari semakin mahal. Bisa berbentuk asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan. Bila dana pendidikan anak sejak awal dibuat, kita sudah nggak perlu kuatir biaya sekolah anak lagi saat anak memasuki usia sekolah.


Dana pendidikan
Dana pendidikan anak untuk menjamin biaya pendidikan dikemudian hari yang semakin mahal


·       Menyisihkan Dana Darurat
Dana darurat ini sangatlah penting walaupun justru banyak masyarakat yang mengabaikannya. Hal ini dikarenakan kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Walaupun kita sudah mempunyai asuransi tetapi kita tidak tahu apakah itu saja sudah cukup atau belum. Dana darurat ini juga akan bermanfaat bila kita merasa akan merubah rencana yang ada di anggaran bersama.

·       Investasi
Diperlukan menyisihkan sedikit dari pemasukan untuk investasi dengan tujuan agar mempunyai jaminan masa depan yang lebih baik. Tentukan investasi jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Sebagai contoh  investasi logam mulia, rumah, tanah dan lain sebagainya. Terserah kesepakatan, mana yang dijadikan investasi jangka pendek, menengah dan panjang.

·       Evaluasi
Tahap terakhir adalah evaluasi. Evaluasi dilakukan secara berkala. Bisa diskusikan dengan pasangan setiap seminggu sekali atau setiap bulannya. Atau bahkan saat mengalami permasalahan juga bisa dilakukan evaluasi. Hasil Evaluasi ini akan sangat menentukan anggaran bersama  berikutnya.

Nah, itu dia perencanaan keuangan yang harus dilakukan pengantin baru ala feriyana. Semuanya berdasarkan kisah nyata saya berumah tangga, yaa walaupun baru 9 tahun. Semoga bisa membantu. Buat kamu-kamu yang punya cara lain dalam perencanaan keuangan bagi pengantin baru boleh bagi pengalamannya di kolom komentar yaa. Saya tunggu...

Share:

0 komentar

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.