5 Tempat Makan Kekinian yang Wajib Dicoba Saat Mengunjungi Jogja

5 tempat makan kekinian di jogja

Berkunjung ke Jogja kurang lengkap rasanya tanpa  mengeksplor kulinernya. Selain mempunyai banyak pilihan tempat wisata, Jogja juga terkenal sebagai surganya kuliner. Ada begitu banyak pilihan tempat makan yang bisa dicoba. Dari yang tempat makan di pinggir jalan alias kaki lima hingga di resto dan hotel mewah bintang lima. Dari yang unik, klasik hingga yang asyik.


Buat kamu yang suka berfoto ria, food photograpy atau hanya sekedar selfie dan wefie gak akan kesulitan mencari tempat makan kekinian, hits dan instagramable di Jogja. Berikut 5 tempat makan kekinian yang wajib dicoba saat mengunjungi Jogja:

1. Jogja Airport Resto
Resto yang beralamatkan di jalan Selokan Mataram, Kadirojo I, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY ini mempunyai konsep yang unik. Sejak pertama kali datang, pengunjung langsung disambut dengan dua pesawat boeing 737 yang telah disulap menjadi restoran unik berkonsep bandara. Jogja Airport Resto ini terbagi dalam tiga area makan yaitu Lounge dengan konsep vintage minimalis, outdoor yang luas dengan dekorasi bunga-bunga dan lampion taman serta area yang ketiga kabin pesawat. 
Picture from IG @jogjaairportresto
Untuk yang ingin mencoba merasakan sensasi makan di area kabin pesawat diharuskan untuk check In terlebih dahulu di check in counter yang letaknya menyatu dengan Lounge. Di check in counter, pengunjung akan ditawarkan jadwal penerbangan lengkap dengan destinasi berbagai kota di Indonesia. Jadwal terbang tersebut adalah jadwal makan kita, dimana untuk durasi di dalam kabin pesawat sekitar 1,5 jam. Usai memilih jadwal, petugas akan menawarkan menu paket kabin pesawat, yaitu paket ndeso, paket mblumbang, paket mbokne dan paket kampung yang berisikan Indonesian food atau bisa memilih paket milenial yang western food. 

Setelah mendapatkan boarding pass pengunjung harus menunggu terlebih dahulu panggilan boarding time menuju kabin pesawat. Memasuki kabin pesawat, pengunjung akan disambut ramah oleh pramugari dan pramugara. Setelah pintu kabin ditutup, pramugari yang merupakan siswa sekolah pramugari Jogja Flight, akan memperagakan prosedur keselamatan di dalam pesawat. Selanjutnya mesin ala suara pesawat akan dinyalakan. Pokoknya suasananya benar-benar dibuat semirip mungkin dengan suasana di bandara dan di dalam pesawat. 


Picture from IG @jogjaairportresto
Jogja Airport Resto ini menurut kabar berita menelan biaya pembangunan sekitar 19 milyar dan sekarang ini belum 100% selesai pembangunannya. Nantinya di Jogja Airport Resto akan ada juga mini museum angkut seperti yang ada di Batu, Malang yang memperlihatkan koleksi kendaraan motor dan mobil klasik. Resto yang sedang hits ini tak jauh dari bandara Adi Sucipto, sekitar 1,5 km dari jalan raya Jogja-Solo. 

2. Jiwangga Resto
Buat kamu para pemburu foto dengan suasana klasik nan asri, Jiwangga Resto bisa dijadikan pilihan. Resto ini sangat instagramable dan cocok untuk foto prawedding ataupun keperluan photoshoot lainnya. Jiwangga Resto mempunyai konsep suasana asri masa Majapahit. Landscape dan desain eksterior ditata sedemikian rupa dengan makna dan filosofi kehidupan bersumber dari kearifan lokal. Tempatnya yang luas dan pilihan tempat makan yang banyak membuat para pengunjung tidak bosan untuk menikmati makanan,suasana bahkan mengeksplor hingga ke sudut-sudt Jiwangga Resto.
Picture from IG @jiwanggaresto
Pengunjung dapat memilih outdoor atau indoor (joglo). Menu makanan Indonesian food dengan harga terjangkau dan enak rasanya. Seperti nasi Langgi yang isinya ayam bacem, telur pindang, abon, sambal goreng ampela ati, kering kentang, kerupuk, lalapan dan dengan nasi bertabur bawang goreng hanya seharga Rp. 30.000,00. Selain nasi Langgi masih banyak menu makanan lainnya yang tak kalah enaknya. Tahu gimbal Rp. 23.000,00, tahu petis Rp. 9.000,00, nasi goreng seharga Rp 18.000,00 dan masih banyak yang lainnya.

Jiwangga Resto ini buka dari jam 10.00 - 20.00 WIB beralamatkan di jalan terbaik no.1 Bromonilan, Kalasan, Sleman, DIY. Pokoknya sangat sesuai dengan tagline-nya "tempat makan jiwa dan raga".
Picture from IG @jiwanggaresto

3. Joglo Pari Sewu
Melihat alamatnya yang berada di Bromonilan Rt.8 Rw. 3, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Resto Joglo Pari Sewu ini masih berdekatan dengan Jiwangga Resto. Berada di pinggiran kali Kuning. Resto ini cocok sekali bagi yang ingin mengajak keluarga untuk menikmati makanan dengan suasana asri. 

Picture from IG @jogloparisewu
Makanan di Resto Joglo Pari sewu enak-enak dengan kisaran harga antara Rp 5.000,00 - Rp 40.000,00. Pengunjung bisa memilih terdapat tiga area makan yang bisa dipilih yaitu Joglo, angkringan dan di bagian bawah dekat dengan kali Kuning. Ketiga area makan tersebut mampu menampung pengunjung hingga 100 orang. Jadi kamu bisa mengadakan arisan, pesta pernikahan atau ulang tahun, dan lain sebagainya. Untuk yang menginginkan suasana kantor yang berbeda bisa mengadakan  rapat di ruang rapat Resto Joglo Pari Sewu. Ruangannya sudah ber AC lho...

Selain kapasitas area makan yang dapat menampung banyak, Resto Joglo Pari Sewu juga menyediakan fasilitas seperti terapi ikan, floating boat (mengapung di sungai pakai ban pelampung lucu) seharga Rp 20.000,00/20 menit dan di dalam rumah bisa foto-foto dengan boneka-boneka lucu Hello Kitty dan Tedy Bear dengan harga Rp 10.000,00. Resto Joglo Pari Sewu buka dari jam 06.00 - 20.00 WIB. Cocok untuk para pencari spot foto yang instagramable.
  
4. Seven Sky
Kalau kamu mencari tempat makan yang sedang hits banget di Jogja saat ini ya, Sevensky. Tempat nongkrongnya para kawula kekinian yang selalu mencari spot foto instagramable. Letaknya ada di rooftop Lippo Plaza, P6 di jalan Laksda Adi Sucipto, Demangan, Depok, Sleman, DIY. 
Picture from IG @sevenskyjogja
Sevensky ini berkonsep outdoor open food street court. Mempunyai menu yang variatif dan banyak pilihan dengan harga mulai dari Rp 5.000,00 kalau mau ke sana ingat ya, sevensky baru dibuka jam 15.00 WIB dan tutup jam 22.00 WIB kecuali hari sabtu tutupnya hingga jam 00.00 WIB. Jangan lupa siapkan kameeranya, karena akan ada banyak spot foto di sana. Untuk dapat berfoto-foto ria di spot foto tersebut, kamu harus bayar Rp 20.000,00/ 10menit atau Rp 50.000,00/ 30 menit. 
  
5. Chingu Cafe
Chingu Cafe atau yang lebih dikenal dengan Little Korea merupakan restoran berkonsep korea yang ada di Bandung dan Jogja. Tempat ini menyuguhkan 4 suasana kota korea yang berbeda, yaitu area Seoul dengan suasana restoran perkantoran Korea Selatan, Cheongdamdong yang memiliki suasana layaknya di kawasan perbelanjaan dan pertokoan, Bukchon Village dengan suasana area pedesaan serta yang terakhir area Hongdae yang diperuntukkan khusus pengunjung VIP.

Tempat ini selalu dipenuhi pengunjung, hingga tak jarang pengunjung harus waiting list. Untuk bisa berbelanja di little korea Chingu Cafe ini, pengunjung harus membeli kartu dengan saldo Rp 20.000,00, Rp 40.000,00 atau Rp 90.000,00 ditambah deposit Rp10.000,00. Di tempat ini pengunjung juga bisa menyewa baju tradisonal Korea Hanbok dengan harga Rp 35.000,00 selama 15 menit, jadi bisa puas deh tuh untuk foto-foto. 
Picture from IG @chingucafe
Untuk makanan yang dijual di little korea Chingu Cafe sudah pasti korean food dengan daftar menu bahasa korea dan bahasa Inggris, bayarnya dengan satuan won. Jadi kalau mau bayar tinggal di perkirakan konfersikan ke rupiah sendiri deh ya. Harga makanannya berkisar antara harga Rp50.000,00 - Rp 100.000,00. Nih, alamat dan jam bukanya!

Nah tuh, banyak pilihan kan? Jadi gak perlu kuatir kekurangan stok foto saat liburan ke Jogja. Perut kenyang stok foto melimpah. Tempat kekinian, makanan enak, hargapun nyaman. 

Selain banyak tempat makan yang recomended, saat berkunjung ke Jogja juga gak perlu kuatir lho mengenai tempat menginap. Banyak kok hotel dengan harga terjangkau. Walapun Jogja kampung halamanku, kalau ada yang nanya hotel murah di Jogja tetap saja bingung, saking banyaknya. Daripada harus repot-repot nanya satu persatu harga hotel, mendingan lihat di pegipegi.com. 

Itu sih menurut pengalamanku aja lho ya.. pernah puyeng nanya ke teman mengenai harga-harga hotel di Jogja, setelah menggunakan pegipegi.com, cari hotel murah di Jogja yang sesuai budget jadi lebih mudah dan praktis. Hanya dengan buka aplikasi pegilegi.com atau lewat websitenya, kita bisa dengan mudah membandingkan harga hotel satu dengan yang lainnya. Sekaligus bisa lihat dan menentukan letak hotelnya sesuai keinginan. Gampang dan praktis kan?

Hayoo, siapa yang dalam waktu dekat ini punya rencana ke Jogja? Coba nanti ceritakan rencananya mau nyoba tempat makan macam apa ya, di sana?   

Share:

3 komentar

  1. Penasaran dengan Jwanggo Resto, bisa makan samil berfoto di spot yg menarik ya. Hm, kapan ya bisa ke Jogja?

    ReplyDelete
  2. Wah... Banyak juga ya, dan semuanya menarik. Tapi yang paling menarik bagi saya ya yang korea-korea itu, sayangnya harganya lebih mahal dari yang lain ya...

    ReplyDelete
  3. Sekrang banyak yg kekinian di jogja ya, tapi ako suka makan gudeg hihi mentang2 orang jawa..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.