SPOT SUNSET TERBAIK DI PANTAI NGUYAHAN

  
Ada yang tahu berapa jumlah pantai di sepanjang laut selatan terutama di wilayah Jogja? Saya sendiri yang orang sana, tidak tahu persis jumlah total pantai di Jogja. Kenapa??


Yaa karena buanyaaak. Capek juga kalau harus menghitung satu persatu. Saya jamin tak akan bisa mengelilingi ke seluruh pantai di Jogja dalam satu hari. Dan yang membuat saya terheran-heran adalah begitu banyaknya pantai, pasti mempunyai ciri khas masing-masing. Seperti di postingan saya sebelumnya Nuansa Bali di Pantai Jogja yang menceritakan ciri khas pantai Ngobaran yang kental sekali view Bali nya. 

Naaah kali ini, untuk melanjutkan postingan saya sebelumnya, saya akan membahas mengenai salah satu pantai di Jogja juga.

Pantai Nguyahan. Seperti pantai di Jogja lainnya yang memiliki kekhasan masing-masing, pantai Nguyahan ini mempunyai keistimewaan saat sunset. 

Subhanallah....begitu indahnya menatap sunset di pantai Nguyahan. Pantai Nguyahan merupakan spot sunset terbaik di Jogja. Suasana menjadi begitu romantis, dan menenangkan. Cocok sekali menanti sunset pantai Nguyahan bersama orang terkasih. Dengan keluarga, sahabat, teman maupun pacar.

Beruntung saya liburan dipergantian tahun kemarin, saya melewati satu senja menanti sunset di pantai Nguyahan. Begitu terpukau saya dibuatnya. Kamera tak ada hentinya untuk mengabadikan keindahan sunset di pantai Nguyahan. 

Selain untuk melihat keindahan sunset, di pantai Nguyahan juga bisa berenang dan bersantai. Walaupun tidak boleh sampai jauh. Karena tahu yaa, ombak laut selatan yang luar biasa besarnya. Tapi tetap ada penyewaan perahu lho, walaupun dari pantai sebelah.


Untuk keindahan sunsetnya memang mampu menghipnotis para wisatawan. Namun untuk fasilitas kios-kios makanan dan sovenir masih sangat kurang dan belum tertata dengan baik. Padahal lokasinya cenderung mudah ditemukan lho..karena tak jauh dari jalan raya. 

Selain itu, just for your information ajah...kalau di sepanjang pantai selatan Jogja, masih sangat percaya dengan mitos. Contoh salah satu mitos yang berlaku di pantai selatan Jogja adalah pantangan memakai pakaian hijau. Mitos yang berlaku di sana, warna hijau adalah warna favorit penguasai pantai selatan. Petnah dengar kan yaa??penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Mitosnya, kalau ada yang memakai pakaian hijau di sepanjang pantai laut selatan, akan dibawa ke istana ratu pantai selatan. Untuk dijadikan pelayan kerajaannya.

Tetapi memang benar lho yaa,, saya perhatikan di awal tahun 2017 saja sewaktu saya kesana, pengunjung  tidak ada yang memakai pakaian hijau.

Itu salah satu mitos yang merupakan bagian dari budaya Jogja. Mengenai kebenarannya masih menjadi perdebatan. Kita sebagai wisatawan yang bijak, di manapun anda berada hanya diharapkan menghormati budaya yang berlaku di daerah setempat yang di datangi. Percaya atau tidak, tidak perlu ditunjukkan secara berlebihan.

Be wise yaa...travelling lanjut, bijak dalam bertindakpun itu harus...

Share:

2 komentar

  1. Mbaa kau membuatku kangen kampung halaman. Mau balik jogja jadinya hahahaha

    ReplyDelete
  2. Selain main di pantai, bisa naik perahuan juga ya keliling pantai. Nice :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan komentar di feriyana.com. Ditunggu lho, kunjungan dan komentar berikutnya.